Rekan Sepanggilan, Menulislah!

Pengunjung yang terhormat, para saksi Kristus & para pelayan Tuhan, ini adalah blog mutiara DOA, SAAT TEDUH dan MEDITASI Kristen (kecuali sisipan-sisipan khususnya). Sebuah Kedai Doa, Warung SaTe, atau Kantin Yoga, terserah Anda menyebutnya. Kalo saya, ini Cafe Shalom:-) Lebih dari itu, blog ini adalah ajakan untuk menulis. Tulislah apa saja, selembar sehari, di diary atau jurnal pribadi. Don't worry, bahan-bahannya akan Tuhan kirim tiap hari, lewat berbagai macam situasi, Anda hanya tinggal mencatatnya dengan setia & sepenuh hati. Apapun genre-nya, semua bentuk tulisan itu bagus. Semua memastikan agar kita tak mudah lupa berkat dan pesan-Nya untuk jangka waktu sangat lama. Dan sudah barang tentu, tulisan Anda bisa jadi berkat buat sesama, asupan sehat bagi keluarga besar gereja-Nya. Selamat mencoba. Mulailah hari ini!

Sabtu, 27 Juli 2013

Kotbah dan Persiapannya

Mau tahu perbedaan kotbah dan persiapan kotbah yang seadanya dengan yang sungguh-sungguh?

Kalau persiapan dan kotbah seadanya itu kamu sedikit persiapkan, tidak kamu gali dalam-dalam. Tapi karena beritanya penting, kamu mencoba menegaskannya dengan melebar-lebarkan isinya dan menunda-nunda mengakhirinya, berharap atau mengira itu jadi makin jelas dan dalam. Tapi, tetaplah terasa dangkal dan mengembara pesannya!

Sedangkan persiapan kotbah yang sungguh-sungguh itu kamu sediakan cukup waktu untuk mengumpulkan bahan-bahan, menggali dalam-dalam isinya, dan dapat banyak mutiara pesannya. Lalu kamu mencermatinya dengan teliti, dengan kritis untuk memilah-milahnya, lalu mulai asyik memilih, menyeleksi kalimat atau paragrafnya, karena kamu bertekat hanya menyajikan hal-hal yang paling penting dan paling relevan saja, dalam waktu sesingkatnya. Kemudian kamu fokus menata alurnya seruntut mungkin, memoles kalimat-kalimatnya sejelas mungkin supaya setiap kata selalu bermakna dan mengarah pada tujuan tema. Hasilnya? Sebuah kotbah yang singkat, padat, mendarat, dan insyaallah sungguh-sungguh jadi berkat buat jemaat !

Solo, usai pimpin KU I dan KU II

Minggu, 18 Juni 2006

Tidak ada komentar: