Rekan Sepanggilan, Menulislah!

Pengunjung yang terhormat, para saksi Kristus & para pelayan Tuhan, ini adalah blog mutiara DOA, SAAT TEDUH dan MEDITASI Kristen (kecuali sisipan-sisipan khususnya). Sebuah Kedai Doa, Warung SaTe, atau Kantin Yoga, terserah Anda menyebutnya. Kalo saya, ini Cafe Shalom:-) Lebih dari itu, blog ini adalah ajakan untuk menulis. Tulislah apa saja, selembar sehari, di diary atau jurnal pribadi. Don't worry, bahan-bahannya akan Tuhan kirim tiap hari, lewat berbagai macam situasi, Anda hanya tinggal mencatatnya dengan setia & sepenuh hati. Apapun genre-nya, semua bentuk tulisan itu bagus. Semua memastikan agar kita tak mudah lupa berkat dan pesan-Nya untuk jangka waktu sangat lama. Dan sudah barang tentu, tulisan Anda bisa jadi berkat buat sesama, asupan sehat bagi keluarga besar gereja-Nya. Selamat mencoba. Mulailah hari ini!

Sabtu, 24 Desember 2016

Natal itu Sebuah Peristiwa & Proses!

Kita sudah hafal kisahnya, paham kronologisnya; Malaikat persiapkan para pemerannya: Zakaria dan Elisabeth, Yusuf dan Maria, para gembala, para majus, Simeon, Hanna, serta figuran lainnya. Dan, terjadilah, di malam yang sunyi itu, silent night itu, terlahir di kandang sederhana, terbungkus lampin di palungannya, Allah menjadi manusia, penuhi janji dan nubuatan dahulu kala.
Satu peristiwa yang tak pernah terbayangkan manusia sebelumnya, dan masih banyak manusia yang gagal percaya setelah mendengar kisahnya. Wajar. Karena dongeng, legenda tentang dewa-dewa menyamar jadi manusia itu jamak kisahnya, kita familiar pula dengan cerita superman, superhero dari planet lain yang sehari-hari menyamar jadi manusia biasa. Itu peristiwa incognito, avatar. Sang dewa/ superhero “menyamar” sebagai manusia biasa, mencicipi sebagian pengalaman manusia (relatif terlindungi dengan baik dari pengalaman derita manusia), dan hanya untuk sementara.
Inkarnasi beda. Allah yang tiada bandingnya itu sungguh-sungguh menjadi manusia. Lahir dari rahim manusia, dibesarkan dalam keluarga dan masyarakat manusia, 30an tahun hidup di dalam dunia. Kecuali berbuat dosa, Ia alami semua pengalaman manusia (hingga derita terburuknya: penolakan, kebencian, kekerasan dan kematian!). Setelah bangkit Ia bahkan membawa serta kemanusiaannya itu ke sorga kekalNya.
Jadi natal, moment kelahiranNya di dunia, itu peristiwa akbar tiada tara. Wajar bila dikenang, disyukuri dan dirayakan setiap tahunnya; dengan kegembiraan, kemeriahan, dengan kelap kelip lampu dan lilin-lilin menyala di rumah, di rumah ibadah, bahkan di pusat perbelanjaan dan di ruang publik lainnya. Sangat wajar.
Tapi kawan, apakah natal itu hanyalah sebuah peristiwa dua ribuan tahun lalu yang kini menjadi peristiwa di setiap akhir tahun saja? Saya berbaik sangka, percaya kita sepakat menjawabnya: Tidak. Maka, uraian sederhana berikut ini kuniatkan sekedar mengartikulasikan apa yang kita sepakati bersama:

Nubuat & konteks kelahiranNYA
Nabi Yesaya salah satunya, telah lama mengumumkannya: Pasal 60:1 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. 60:2 Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu. Ini adalah ayat-ayat Mesianik, menubuatkan kedatangan Mesias, Sang Pembebas, juru selamat bangsa Israel. Nabi Yesaya memakai Metafora “Terang”: “Hai Israel, Terangmu sudah datang; Seperti matahari terbit, keselamatan telah terbit atasmu.”
Bagi banyak orang di jaman kita yang tidur malamnya relatif terasa nyaman dan aman, berita bahwa esok pagi matahari akan terbit tentu tidak terasa istimewa. Tetapi di sini nabi Yesaya sedang berbicara kepada orang-orang yang mengalami malam-malam panjang yang tidak hanya gelap tetapi juga kelam, penuh kepahitan dan tidak punya harapan.
Ayat-ayat sebelumnya, yakni pasal 59:9-15 memotret situasi-kondisi bangsa Israel yang gelap, baik akibat selingkuh dengan berhala, juga akibat penjajahan bangsa asing maupun penindasan rezim penguasa, raja mereka sendiri, termasuk akibat kejahatan di antara rakyat sendiri: di Yes 59:13 disebutkan terjadi pemerasan dan penyelewengan kekuasaan secara masiv; Ay 14-nya sebutkan “hukum terdesak ke belakang, keadilan berdiri jauh2; kebenaran telah hilang; bahkan ay 15 contohkan: Jika ada orang yang tulus dan baik, orang baik itu justru menjadi korban kejahatan. Di ay 9 mereka berseru: “Kami menanti-nantikan terang, cahaya; kami meraba-raba seperti orang buta.”
Jadi ketika mereka mendengar nabi Yesaya berseru, “Terangmu, keselamatanmu sudah datang!” Wow, itu pasti sesuatu banget. Bagi telinga yahudi, frase “Terang yang datang” itu pasti segera mengingatkan mereka pada satu sosok, satu tokoh yang telah lama mereka nantikan kedatangannya, yakni: Mesias, Raja yang dijanjikan Tuhan, yang akan membebaskan mereka dari para musuh Israel, dan akan memerintah sebaik bahkan lebih baik dari Daud, raja mereka yang terbesar. Pemerintahan Raja Mesias itu akan menegakkan kebenaran, keadilan dan shalom (Yes 9:1-6). Semua itu adalah nilai-nilai, kondisi-kondisi yang mereka impikan, sangat mereka nantikan.

Panggilan & Pengutusan kita
Tapi perhatikan pasal 60:2 itu: kabar baik nubuatan Yesaya ini juga mengandung sebuah perintah: Ternyata, tidak cukup mereka itu hanya menyambut terang itu, mereka juga harus melakukan sesuatu, yakni... “Bangkitlah, menjadi teranglah...” Artinya, umat pilihan Allah ini juga harus menjadi terang; harus turut memancarkan terang.
Mengapa? Karena di ay 2 nabi Yesaya sebutkan bahwa ternyata kegelapan itu tidak hanya meliputi bangsa Israel, melainkan bangsa-bangsa lain juga, bahkan semua bangsa. Jadi kegelapan ini bersifat global, total. Ini adalah gambaran dari dosa yang telah menggerogoti seluruh umat manusia, tanpa kecuali; merusak seluruh aspek kemanusiaan kita, tanpa sisa.
Dalam situasi dunia yang gelap karena dosa seperti inilah nabi Yesaya mengabarkan: “Terang itu sudah datang!” Artinya, Allah tidak menawarkan Terang itu dari sorga yang jauh lalu mengundang manusia untuk berjuang menjangkaunya. “Terang itu sudah datang” artinya adalah, Allah memilih/ memutuskan untuk turun, menerobos, menembus batas pemisah antara diriNya [yang adalah Terang] dengan manusia yang hidup dalam kegelapan.
Ini benar-benar sebuah keputusan penuh kasih, yang Allah buktikan lewat natal, melalui kelahiran bayi kecil bernama Yesus, Immanuel itu; bayi yang kelak ketika beranjak dewasa, lewat ajaranNya, teladan gaya hidupNya, & terutama lewat kematianNya di kayu salib itu telah menunjukkan bahwa Ia bukan hanya Terang bagi bangsa Israel saja, melainkan juga bagi segala bangsa. Ia bukan hanya pembebas bangsa Israel dari belenggu Kaisar Romawi & Herodes, melainkan juga dari belenggu dosa. Bayi natal ini adalah Juru Selamat dunia! Karena itulah seluruh dunia, segala bangsa, butuh Terang itu, butuh keselamatan itu.
Itulah sebabnya, nubuat/kabar baik dari nabi Yesaya ini disertai amanat, perintah: “Bangkitlah, menjadi teranglah.” Bangsa pilihan Allah ini tidak boleh berhenti hanya sebagai penerima Terang. Ia harus juga menjadi pemantul, memancarkan Terang itu kepada seluruh bangsa yang hidup dalam kegelapan.
Ada banyak orang yang belum melihat Terang itu (Yoh 3:19-26), karena dibutakan oleh kegelapan dunia ini; ada banyak orang yang tidak ingin melihat Terang itu (Yoh 1:10-11). Orang-orang itu seperti raja Herodes & kaisar Roma, yang penuh iri dan ketamakan, yang begitu gila kekuasaan sampai halalkan segala cara untuk mendapatnya, mempertahankannya. Orang-orang seperti itu tidak ingin melihat Terang itu. Mereka lebih memilih kegelapan.
Karena mereka masih asyik dengan rencana dan aksi jahatnya: mulai dari pencopet, begal, hingga pejabat korup, mulai tukang selingkuh hingga politikus licik; dari bandar narkoba hingga teroris yang sadis. Orang-orang seperti itu tentu tidak ingin melihat Terang, karena Terang itu hanya akan membuat kejahatan mereka tersingkap. Tapi kawan, tidak ingin melihat Terang itu satu hal. Butuh melihat Terang itu hal yang berbeda, bukan?! Untuk orang-orang seperti itulah kita dipanggil & diutus menjadi terang.
Benar-benar kita ini beruntung, kawan. Sama seperti gembala & para majus, kita sudah melihat dan menerima Terang itu. Kita percaya bayi mungil di palungan Betlehem adalah Dia yang tersalib & bangkit, menjadi Terang dunia, Juru Selamat dunia. Terang itu telah memberi kita kepastian keselamatan, hidup kekal dan damai sejahtera. Hidup kita dituntun & diberi kekuatan oleh Terang itu. Mari terus tinggal & terus berjalan di dalam Terang itu (Yoh 8:12).
Tapi jangan lupa, kita juga harus bangkit & menjadi terang. But How? Bagaimana kita menjadi Terang? Apa yang kita pahami bahwa Yesus adl Terang dunia, keselamatan bagi dunia? Melihat konteks sejarah Israel, juga selaras dengan metafora “Terang” yang dipakai nabi Yesaya ini, begini seharusnya kita memahaminya: ...Seperti fajar yang mulai menyingsing di ufuk timur itu menjadi tanda bahwa malam akan segera berakhir, maka kelahiran Yesus itu merupakan tanda awal berakhirnya kegelapan dunia ini; malam-malam yang kelam penuh ketakutan, penindasan, kekerasan dan ketamakan itu akan berakhir.
Di malam yang gelap itu, di tempat yang sederhana itu, dalam wujud bayi tak berdaya itu, Terang Allah mulai bersinar. Kelahiran Yesus itu menjadi tanda dimulainya hari yang baru, pemahaman yang baru dan cara-cara yang baru tentang bagaimana kita hidup di dalam dunia ini, yakni hidup yang kekal, yang berkualitas, karena terhubung/berelasi dengan Allah sejati, Tritunggal kudus, Pencipta sekaligus Juru Selamat dunia itu sendiri.
Kelahiran Yesus, sebagaimana dinubuatkan nabi Yesaya ini, bukanlah undangan untuk memeluk agama pribadi yang di dalamnya kita bisa melarikan diri dari persoalan2 dunia, menyembunyikan diri & mencari rasa aman & kenyamanan diri. Natal, sebagaimana dinubuatkan nabi Yesaya, juga dilaporkan penulis 4 injil itu, adalah kisah tentang Allah yang akhirnya turun tangan, datang ke dunia ini, menghadapi masalah-masalah dunia ini; masalah kejahatan, amoralitas, kekerasan, penindasan yang terjadi di dunia ini. Itulah kisah natal.
Nah, jika seperti itu kita memahami maksud & konteks Yesus sebagai Terang Dunia, maka kita bisa sepaham juga, bahwa natal itu bukan sekedar sebuah peristiwa di masa lalu, melainkan sebuah proses, harus berlangsung terus hingga kedatanganNya kali kedua. Proses menjadi Terang, menghadirkan Terang seperti diamanatkan nabi Yesaya ini. Proses yang mengharuskan kita bercermin pada palungan itu, pada bayi mungil di dalamnya, yang memancarkan janji & pengharapan bagi dunia itu;  bayi mungil yang ketika beranjak dewasa itu mengajarkan & memberi teladan gaya hidup Kerajaan Allah itu.
Sebuah gaya hidup yang menginspirasi, menular  secara positif, yang ternyata tidak dibangun  dengan hasrat mengambil melainkan hasrat memberi, bukan dengan menebar ketakutan melainkan dengan menularkan iman & pengharapan, bukan lewat konflik atau aksi kekerasan & balas dendam melainkan lewat rekonsiliasi & sikap mengampuni, bukan dengan semangat mendominasi- menguasai, melainkan dengan semangat melayani. Dengan kata lain, yang [akan] diajarkan dan diteladankan bayi di palungan itu adalah sebuah cara hidup baru yg akan sangat efektif memancarkan Terang injil Tuhan, keselamatan Tuhan.
Jadi, mari datang ke palungan itu, dituntun oleh lilin-lilin kecil yang biasa kita pegang sambil menyanyi kidung “Malam Kudus” itu: Biarlah lilin kecil itu menjadi simbol sikap kita yang menyambut Sang Terang itu, merayakan keselamatan yang dihadirkan Sang Terang itu. Terlebih penting, ijinkan lilin itu mewakili hati kita yang telah dibuat menyala oleh Sang Terang itu; hati yang rindu terlibat dalam misi yang diemban bayi natal itu, yakni menegakkan Kerajaan Allah di bumi, menghadirkan keselamatan Allah di tengah bangsa & suku-suku bangsa, di tengah kota kita, di tengah komunitas studi & profesi kita.  Keselamatan, yang menurut nubuatan nabi Yesaya ini, bercirikan SHALOM (damai sejahtera), JUSTICE (keadilan) & TRUTH (kebenaran).
Kiranya itu menjadi tekad kita bersama, kawan; jadi semangat kita mengakhiri tahun 2016 ini, bahkan menjadi semangat kita menjalani sepanjang tahun baru, bahkan sepnjang hidup. Maukah kita? “Selamat Natal 2016 & Hepi Nyu Yier 2017, everyone!

Makassar, Noel 2016

Tidak ada komentar: