Rekan Sepanggilan, Menulislah!

Pengunjung yang terhormat, para saksi Kristus & para pelayan Tuhan, ini adalah blog mutiara DOA, SAAT TEDUH dan MEDITASI Kristen (kecuali sisipan-sisipan khususnya). Sebuah Kedai Doa, Warung SaTe, atau Kantin Yoga, terserah Anda menyebutnya. Kalo saya, ini Cafe Shalom:-) Lebih dari itu, blog ini adalah ajakan untuk menulis. Tulislah apa saja, selembar sehari, di diary atau jurnal pribadi. Don't worry, bahan-bahannya akan Tuhan kirim tiap hari, lewat berbagai macam situasi, Anda hanya tinggal mencatatnya dengan setia & sepenuh hati. Apapun genre-nya, semua bentuk tulisan itu bagus. Semua memastikan agar kita tak mudah lupa berkat dan pesan-Nya untuk jangka waktu sangat lama. Dan sudah barang tentu, tulisan Anda bisa jadi berkat buat sesama, asupan sehat bagi keluarga besar gereja-Nya. Selamat mencoba. Mulailah hari ini!

Kamis, 16 Februari 2012

Jangan Gila Karena Cinta

Sisipan, khusus minggu Valentine:

Remaja pacaran (tidak semua): saling tergila-gila, dan suka mojok berdua, tidak malu-malu menikmati diri mereka sendiri, cuek terhadap orang di sekelilingnya. Akhirnya “kebablasan” karena mabuk cinta. Tak jarang berujung stress, bahkan ada yang benar-benar jadi gila.
Gereja, pacarnya Yesus (tidak semua): cenderung asketis, mengasingkan diri, menikmati kesalehannya sendiri, cuek terhadap masalah-masalah dunia, kehilangan suara kenabiannya. Ia tergila-gila pada Yesus, tapi abaikan dunia yang Yesus cintai sampai kurbankan nyawa-Nya.
Definisi orang gila: jika dunia yang ada dalam pikirannya tidak ‘nyambung ‘ dengan dunia realitas di sekelilingnya. Remaja tergila-gila karena cinta, umumnya bersifat sementara. Gereja gagal menghubungkan pokok-pokok imannya dengan realitas problematika masyarakat bangsanya, .....smoga tak selamanya....
Di tengah banyaknya balita kurang gizi, angka putus sekolah, pekerja anak, human trafficking, eksploitasi tenaga kerja, diskriminasi di berbagai instansi, korupsi, anarki, kerusakan lingkungan, bencana alam, kecelakaan transportasi yang tinggi, dll: Apa yang dilakukan gereja? Apa yang sudah dan harus terus aku lalukan sebagai wakil gereja di lingkunganku, di profesiku, di tengah bangsaku??

Matius
5:13. "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.
5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.


Jakarta, minggu Velentine 2012
1.    Prihatin baca hasil penelitian th 2002, 20% saja dari responden gereja-gereja injili yang punya keprihatinan dan alokasikan dana untuk urusan sosial, khususnya terhadap masalah kemiskinan, itupun dilakukan 2x saja dalam setahun, alias pada paskah dan natal. Semoga sudah berubah datanya.
2.    Berdoa agar banyak world-denying curch bertumbuh, menjadi world-engaging church.

Tidak ada komentar: