Rekan Sepanggilan, Menulislah!

Pengunjung yang terhormat, para saksi Kristus & para pelayan Tuhan, ini adalah blog mutiara DOA, SAAT TEDUH dan MEDITASI Kristen (kecuali sisipan-sisipan khususnya). Sebuah Kedai Doa, Warung SaTe, atau Kantin Yoga, terserah Anda menyebutnya. Kalo saya, ini Cafe Shalom:-) Lebih dari itu, blog ini adalah ajakan untuk menulis. Tulislah apa saja, selembar sehari, di diary atau jurnal pribadi. Don't worry, bahan-bahannya akan Tuhan kirim tiap hari, lewat berbagai macam situasi, Anda hanya tinggal mencatatnya dengan setia & sepenuh hati. Apapun genre-nya, semua bentuk tulisan itu bagus. Semua memastikan agar kita tak mudah lupa berkat dan pesan-Nya untuk jangka waktu sangat lama. Dan sudah barang tentu, tulisan Anda bisa jadi berkat buat sesama, asupan sehat bagi keluarga besar gereja-Nya. Selamat mencoba. Mulailah hari ini!

Selasa, 17 Juli 2012

Shakespeare Keliru!

Sisipan, Puisi 10 Hukum

Bila nama tidak penting,
kenapa laku dijual? Kenapa takut disalahgunakan?
Kenapa marah dijelek-jelekkan?
Kenapa ngotot minta dibersihkan?
Itu karena namamu adalah kamu.

Nama-KU pun adalah AKU! AKU yang...
mencipta semesta dalam 7 hari itu,
menunggangbalikkan Sodom Gomora itu,
membunuh anak-anak sulung Mesir itu,
membelah laut Teberau,
turunkan manna dan daging di padang gurun itu,
membangkitkan Lazarus itu,
menenangkan badai di danau itu,
membasuh kaki-kaki kotor itu, dan
tersalib bagimu di Jum’at siang itu.

NamaKU luhur, mulia, kudus
Kamu menyandangnya, itu pilihanKU
Nama belakangmu YHWH, margamu YESUS
Banggalah, takutlah, junjunglah
Bertuturlah dan hiduplah selaras keluhuran namaKU
Di atas maupun di bawah mimbar
Di depan orang, di saat sendirian
Di waktu aman, di masa aniaya besar!

Sebab ketika namaKU kamu sebut sembarangan:
Kamu salahgunakan, kamu jual (!),
yang rugi bukan AKU
(karena AKU selamanya tetap luhur, mulia, kudus),   
melainkan siapapun yang 
         mendengar kotbahmu
         dan mengamati hidupmu, 
         etos kerjamu, etos pelayananmu,
lalu tersandung jatuh.

Karena mereka bisa salah-mengerti AKU,
dan sulit tertarik atau percaya kepadaKU
dan terancam tidak masuk kebahagiaan sorgaKU.
Dan kamu sendiri, jangan pura-pura kaget
bila kelak KUbentak: “AKU tidak kenal kamu!!”,
karena AKU telah memperingatkanmu,
bahwa sebuah nama itu penting, apalagi Nama-KU.
Shakespeare itu benar-benar keliru!

Chapel Pagi, 29 Agust ‘05
Inspired by kotbah Cahyadi
on Exodus 20:7.  

Tidak ada komentar: